KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat
Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan Rahmat serta karunia-Nya. Sehingga kami
dapat menyelesaikan proposal bisnis ini dengan tepat pada waktunya, untuk
melengkapi tugas mata kuliah Studi kelayakan bisnis. Dimana proposal bisnis yang
kami buat bernama “Kepo Kebab”
Proposal
ini berisikan tentang bagaimana kita untuk membuka suatu usaha bisnis kebab.
Yang dimana untuk menentukan lokasi sampai dari modal usaha akan di bahas.
Diharapkan
proposal ini dapat memberikan informasi kepada kita semua. kami menyadari bahwa
proposal ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua
pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan proposal
ini.
Akhir
kata, kami ucapkan terima kasih kepada Dosen mata kuliah ini Bapak ZIKRILLAH.SE
dan kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan proposal ini. Semoga
Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melindungi kita semua dari segala usaha kita.Aamiin.
DAFTAR ISI
Kata
Pengantar…………………………………………………………………………………1
Daftar
Isi…….………………………………………………………………………………....2
BAB I. PENDAHULUAN
1.2
Latar Belakang…..…………………..…………………………………………………..…3
BAB II. PEMBAHASAN
2.2
Profil Usaha………………………………………………………………………….……..4
2.3
Modal Usaha……………………………………………………………….………………4
2.4
Lokasi Usaha…….…………………………………………………………………………4
2.5
Pemasaran………….……………………………………………………………………….5
2.6
Strategi Pasar………..………………………...……………………………………………5
2.7
Analisis Swot………...……………………..…………………………………………...…6
BAB III. MANAJEMEN PRODUKSI
3.2
Proses Produksi……………………………………………………………………………7
3.3
Bahan Baku………………………………………………………………………………..8
3.4
Peralatan dan Biaya Lainnya…...…….……………………………………………………9
BAB IV.ASPEK KEUANGAN
4.2
Modal dan Pemasukkan……...…………………………………………………………...10
4.3
Lama Balik Modal…………...…………………………………………………………...11
BAB V. PENUTUP
5.2 Kesimpulan………………………………………………………………………………..12
5.3
Saran………………………………………………………………………………………12
BAB I
PENDAHULUAN
1.2 Latar Belakang
Bisnis adalah sebuah pembelajaran, dimanadibutuhkananalisa yang
sangat dalam tentang prospek dan kelayakan dalam usahaitu. Oleh karenaitu, bisnis
harus dimulai sejak dini sehingga kita memiliki banyak waktu untuk dapat berpikir
dan mengolah otak demi kesuksesan usaha tersebut.
Namun, bukan hal yang mudah bagi masyarakat
untuk menciptakan peluang usaha baru dikarenakan kurangnya ketrampilan. Salah satu
alternatif yang paling banyak dilakukan masyarakat, terutama masyarakat menengah
kebawah adalah dengan membuka usaha kecil-kecilan. Sebenarnya usaha kecil-kecilan
tersebut sudah membuka peluang usaha yang besar apabila dikelola dengan baik.
Peluang usahadi depan mata, tidak ada salahnya kalau kita memulai sekarang.
Inilah yang melatarbelakangi usaha “Happiness Kebab”.Tujuan dari usaha saya ini
lebih ditekankan keuntungan yang maksimal, menyalurkan hobi membuat makanan, dan
juga untuk meningkatkan keterampilan membuat kreasi kebab.
BAB II
PEMBAHASAN
2.2 Profil Usaha
Kepo Kebab adalah Kebab
yang di jual dengan berbagai macam isi, dan diharapkan konsumen dapat memilih isi
kebab sesuai dengan keinginannya. Karena bahan bakunya adalah roti tortilla (kulit kebab) yang terbuat dari gandum
tanpa ragi. Kulit kebab pada umumnya dikenal di Negara timur tengah. Kami ingin
mengebangkan usaha kebab dengan cara mengolah isi kebab menjadi makanan yang
menarik dengan berbagai macam isi, sehingga kebab dapat di kenal luas oleh masyarakat
di Banda Aceh dan sekitarnya.
2.3 Modal Usaha
Dalam
proses usaha yang saya buat membutuhkan modal awal sebesar Rp. 40.166.000,-dimana dana tersebut dari hasil
dana sponsor
dan modal kami.
Diharapkan dana tersebut dapat mencukupi untuk kebutuhan bisnis usaha kami.
2.4 Lokasi Usaha
Saya
mendirikan usaha bernama “Kepo Kebab” yang berlokasi di Jl.Hasan Saleh, Baiturrahman , Kota Banda
Aceh .
Menurut kami disini tempat strategis,
karena berada di dekat Swalayan, sekolah, pasar, rumah warga, dan juga tempat kost mahasiswa
yang ada di komplek sekitar. Sehingga dapat mudah di ketahui masyarakat banyak,
dan saya membuka usaha menggunakan gerobak kebab yang di didirikan didepan Swalayan.
2.5 Pemasaran
Dalam kegiatan pemasaran produk yang kami jual ini, saya memasang
spanduk di gerobak, pemasaran dari mulut ke mulut, dan menggunakan promosi di
media sosial gratis yang di akses oleh banyak masyarakat pada saat ini yaitu
facebook, twitter, serta instagram. Sehingga konsumen dapat mengetahui produk kami dan tertarik untuk
mencoba membelinya.
2.6
Strategi pasar
Agar
rencana mendirikan bisnis ini berjalan dengan lancar, upaya yang dilakukan dalam
melakukan strategi pasar antara lain :
·
Segmenting
Segmenting pasar adalah dengan menjadikan pembeli sebagai target yang akan di
capai, produk yang kami
buat yaitu produk yang dapat di nikmati oleh berbagai kalangan
dari masyarakat dengan tingkatan berbeda, kebab ini juga dapat di nikmati dari anak
anak hingga orang dewasa.
·
Targeting
Target pasar yang dituju yaitu kalangan masyarakat setempat, mahasiswa, anak anak
hingga orang dewasa.
·
Positioning
Agar
kebab ini mudah dikenali oleh masyarakat, kami berinovasi dengan cara menambahkan isian kebab
baru yang membedakan kebab pada umumnya. Saya menambahkan isian: macaroni,sosis,telur daging ayam. Jadi jika ada yang tidak
suka/tidak memakan daging sapi, bisa diganti isinya yaitu dengan daging ayam. Tampilan kebab lebih menarik rasa
lebih enak dan kulitas baik, diharapkan konsumen dapat mengenali dengan mudah produk
kebab ini.
2.7 Analisis SWOT
1.
Kekuatan ( Strength )
Rasa
percaya bahwa produk ini akan diterima dengan baik oleh masyarakat luas, karena
produk yang saya buat ini mempunyai kualitas yang baik karena bahan-bahan nya
yang bernutrisi juga pembuatan nya yang higienis.
2.
Kelemahan ( Weakness )
·
Produk tidak tahan lama.
·
Produk mudah di tiru.
3.
Peluang ( Oportunity )
Produk
ini memang sudah ada di kalangan masyarakat, tetapi usaha kebab ini berbeda dengan
kebab yang biasa, isian kebab ini hasil inovasi kami sehingga menjadi produk baru serta menarik
yang dapat bersaing dengan makanan-makanan modern lainnya.
4.
Ancaman ( Treath )
Ancaman
yang dapat timbul dari usaha Kebab ini antara lain :
1. Pesaing
tidak sehat,
2. Bahan
baku yang tidak stabil,
3.
Adanya produk serupa dengan kualitas baik dan harga murah sehingga menjatuhkan produk
kami.
BAB III
MANAJEMEN PRODUKSI
3.2 Struktur Organisasi Bisnis Kebab
3.3 Proses Produksi
Kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan
produksi yaitu :
1.
Mengembangkan ide pembuatan produk dengan membaca kebutuhan konsumen terhadap produk
yang sedang popular yaitu kuliner.
2.
Mentukan bahan baku penunjang selain bahan baku utama dalam hal ini, saya melakukan
survey kepasar guna mendapatkan harga yang lebih kompetitif dasar pasar.
3. Proses
produksi dilakukan dengan rangkaian kegiatan yang mengedepankan kebersihan dalam
pembuatan kebab agar terciptanya kepercayaan konsumen kepada kehigenisan produk
yang saya jual.
4.
Menyusun laporan keuangan untuk membuat sistem manajemen yang baik dalam kegiatan
usaha agar keuangan tersusun dengan baik dan kegiatan produksi akan berjalan
lancer serta maksimal.
3.4 Bahan Baku
Dalam proses produksi saya menggunakan
bahan baku rincian sebagai berikut :
NamaBahan
|
Banyaknya
|
HargaSatuan
|
Harga
total
|
|
1.
|
Kulit
Kebab
|
200
pcs
|
Rp.
3.000
|
Rp.
600.000
|
2.
|
Daging Sapi
|
10
Tiang
|
Rp.
288.000
|
Rp.
2.880.000
|
3.
|
Macaroni
|
3kg
|
Rp.25.000
|
Rp.75.000
|
4.
|
Sosis
|
50
pcs
|
Rp.
2.000
|
Rp.
100.000
|
5.
|
Telur
|
40
pcs
|
Rp.1.500
|
Rp.
60.000
|
6.
|
Selada
|
5
kg
|
Rp.
6.000
|
Rp.
30.000
|
7.
|
Tomat
|
4
kg
|
Rp.8.000
|
Rp.
32.000
|
8.
|
Bawang Bombai
|
4
kg
|
Rp.
10.000
|
Rp.40.000
|
9.
|
Saus cabe
|
24 pcs
|
Rp.
5000
|
Rp.
120.000
|
10.
|
Saus tomat
|
10 Pcs
|
Rp.
3.500
|
Rp.
35.000
|
11.
|
Mayonaise
|
5 Pcs
|
Rp.20.000
|
Rp.
100.000
|
Total
|
Rp.
1.768.000
|
3.5 Peralatan Dan Biaya lainnya
Dalam kegiatan produksi, peralatan dan
perlengkapan yang digunakan sebagai berikut :
·
Peralatan
No
|
NamaBarang
|
Banyaknya
|
1.
|
Alat
pemanggang daging
|
1=
Rp.3.500.000
|
2.
|
Kompor
|
1= Rp.150.000
|
3.
|
Isi
Ulang Gas
|
2
(@180.000) = Rp.360.000
|
4
|
Gerobak
Kebab
|
1 = Rp.8.000.000
|
Total
|
Rp.
12.010.000
|
·
Biaya Lain-Lain
No
|
NamaBarang
|
Banyaknya
|
Harga Satuan
|
Jumlah
|
1.
|
Plastic
|
5 pack
|
Rp.
11.000
|
Rp.
48.000
|
2.
|
Sarung
Tangan Plastik
|
2 kotak
|
Rp.
13.000
|
Rp.
26.000
|
3.
|
Bungkusan
kebab
|
2 pack
|
Rp.
23.000
|
Rp.
26.000
|
Total
|
Rp.
100.000
|
BAB IV
ASPEK
KEUANGAN
4.2 Modal
dan Pemasukkan
Modal
bahan baku yang harus kami
keluarkan dalam 1 hari penjualan kebab adalah sebesar
Rp.
1.002.000 x 7hari = Rp.7.014.000
Rp.
7.014.000 x 4 minggu = 28.056.000
·
Total Biaya = Bahan baku + perlengkapan+ biaya lain-lain
= Rp. 28.056.000 + Rp. 12.010.000+ 100.000
=
Rp. 40.166.000
·
Pemasukan perbulan:
1. Kebab Regular = 150 porsi x 18.000 x 30hari = Rp81.000.000
2. Kebab Mini = 50 porsi x 15.000 x 30hari = Rp 22.500.000
Total
pendapatan = Rp103.500.000
·
Keuntungan penjualan kebab perbulan:
Total pemasukan – total biaya pengeluaran
Rp.103.500.000 - Rp. 40.166.000
=
Rp. 63.384.000 / 5 = 12.676.800
4.3 Lama balik modal bisnis kebab
Total Investasi / Keuntungan
= Rp 103.500.000 / Rp 63.384.000
= 1,6 Bulan
BAB V
PENUTUP
5.2 Kesimpulan
“Kepo kebab” merupakan brand produk yang kami dirikan, dalam usaha
ini kami menciptakan produk atas survey yang kami lakukan unuk mencari peluang bisnis
yang baik dan bermanfaat. kami sangat mengharapkan produk yang kami jual dapat diterima
dan dapat disenangi oleh para konsumen dan tertanam dibenak masyarakat luas.
5.3 Saran
Kami menyadari bahwa proposal ini jauh
dari kesempurnaan, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang
sifatnya membangun demi penyempurnaan proposal ini.
Demikian proposal bisnis ini kami
buat, semoga kegiatan bisnis kami ini dapat berjalan dengan baik dan kami berharap
dalam mengembangkan kreatifitas dapat bermanfaat bagi saya dan masyarakat.
izin copas buat referensi
BalasHapusinformasi sekaligus ilmu yang sangat bermanfaat gan, terimakasih...
BalasHapusAplikasi Kasir Restoran Android
ijin copas
BalasHapusIzin copas kaka. Trmksih
BalasHapussyukran ya akhi
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusizin copas bang
BalasHapusizin copas kang y
BalasHapusIzin copas bang buat referensi
BalasHapusizin copas yaa
BalasHapusizin copas buat contoh yaa
BalasHapusIjin copas
BalasHapusizin copas bg buat tugas kuliah
BalasHapusSaya mau bertanya kepada kalian, Ruang semacam apa yang Anda butuhkan?
BalasHapusLokasi apa yang Anda butuhkan? Tolong dijawab. Thanks
Saya mau bertanya kepada kalian, Ruang semacam apa yang Anda butuhkan?
BalasHapusLokasi apa yang Anda butuhkan? Tolong dijawab. Thanks
bang ikut copy paste ya
BalasHapusizin copas bang buat tugas
BalasHapusIzin copas buat referensi
BalasHapusizin copas ya
BalasHapusizin jadikan referensi ya
BalasHapusPermisi izin copas ya
BalasHapusijin copas bang
BalasHapusIzin kopas ya ,terima kasih
BalasHapusizin salin gan. selain cocok untuk usaha kedepan ..juga cocok untuk bahan tugas kuliah "kewirausahaan".
BalasHapusIzin copas kk...buat tugas kuliah
BalasHapuspolos dan sederhana, mr pedro adalah orang yang paling baik dan petugas pinjaman terbaik di layanannya. kami memiliki jalan yang sangat bergelombang selama seluruh proses renovasi bisnis kami, karena keadaan kehabisan dana. mr pedro tetap di atas semua pihak untuk memastikan semuanya tetap pada jalurnya untuk memenuhi tenggat waktu yang ketat untuk menutup pinjaman kami. kami menghargai semua yang dia lakukan untuk kami dan kami sangat merekomendasikan dia dan perusahaan pinjamannya kepada siapa pun yang ingin mendapatkan pembiayaan. terima kasih kembali pak pedro. hubungi mr pedro jerome di: pedroloanss@gmail.com juga di whatsapp: +1-8632310632.
BalasHapusIZIIN COPAS YA KAK, buat tugas sekolah
BalasHapusIzin diambil sebagai referensi ya admin 🙏
BalasHapus